Pemberdayaan Pembudidaya Ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2X11 Enam Lingkung

Sofiana, Febriza Azalea (2021) Pemberdayaan Pembudidaya Ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2X11 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_FEBRIZA_AZALEA_SOFIANA_17042107_4148_2021.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk pemberdayaan pembudidaya ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman dan faktor pendukung serta faktor penghambat pemberdayaan pembudidaya ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Lubuk Pandan Kecamatan 2X11 Enam Lingkung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pemilihan informan pada penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pemberdayaan pembudidaya ikan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Padang Pariaman di Nagari Lubuk pandan Kecamatan 2X11 Enam Lingkung adalah pertama, bentuk pemberdayaan inisial ditandai dengan kegiatan pelatihan,pembinaan, pembekalan dan sosialisasi. Kedua, bentuk pemberdayaan partispatoris dengan penerapan teknologi dalam bidang budidaya ikan, akan tetapi di Nagari Lubuk Pandan belum ada sampai saat ini. Ketiga bentuk pemberdayaan emansipatif dengan adanya sosialisasi-sosialisasi terkait bagaimana budidaya ikan yang baik. Faktor pendukung pemberdayaan pembudidaya ikan di Nagari Lubuk Pandan yaitu adanya motivasi dan kebijakan pemerintah. Sedangkan untuk faktor penghambat pemberdayaan pembudidaya ikan di Nagari Lubuk Pandan adalah kenaikan harga pakan, kurangnya biaya/ modal dan pemasaran ikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBUDIDAYA IKAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36112

Actions (login required)

View Item View Item