Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi.

Sari, Mayang (2021) Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_07_MAYANG_SARI_2882_17022061_2021.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum berkembangnya kemampuan membaca anak secara optimal. Hal tersebut disebabkan media yang di gunakan kurang menarik, pada kegiatan pembelajaran anak mulai bosan dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga itu materi yang diajarkan oleh guru tidak dapat terserap sepenuhnya dan dimengerti oleh anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru menggunakan media big book terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun dan bagaimana cara guru menggunakannya di TK Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 17 Taman Kanak-Kanak yang merupakan TK di wilayah Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Sampel dalam penelitian ini adalah tujuh Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan teknik cluster sampling (area sampling). Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif (persentase hasil) dengan bantuan SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun di TK Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi, yaitu dengan diperoleh hasil tingkat perkembangan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun yang diberikan perlakuan setelah menggunakan media big book lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan media big book.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: big book, kemampuan membaca, anak usia dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36109

Actions (login required)

View Item View Item