Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan

Etri, Halfiza (2021) Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_07_HALFIZA_ETRI_2695_17022058_2021.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Usia dini merupakan dimana anak berada pada masa golden age yang setiap aspek perkembangan anak berkembang secara pesat yang memerlukan stimulasi agar mencapai perkembangan yang optimal. Salah satu aspek perkembangan anak yang harus berkembang dengan baik adalah aspek bahasa. Pada dasarnya anak juga lebih baik dikenalkan dengan bahasa asing. Salah satu bahasa asing yang bisa dikenalkan dengan anak adalah Bahasa Inggris. Pengenalan Bahasa Inggris kepada anak di Taman Kanak-Kanak bisa menggunakan media pembelajaran. Dengan berbagai variasi dan jenis media pembelajaran anak akan mudah mengenal kosa kata Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Informan atau responden dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data dalam bentuk deskripsi yaitu berupa kata-kata dengan teknik reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan dan teknik keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, transferbilitas,dependenbilitas.Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran yang digunakan oleh guru di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Tapan Kabupaten Pesisir Selatan sudah sesuai dengan seharusya. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru memiliki berbagai variasi yang unik dan menarik perhatian anak dan membuat anak lebih semangat lagi dalam belajar pengenalan kosa kata Bahasa Inggris. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan kosa kata Bahasa Inggris anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul AthfalTapan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu media pembelajaran visual berupa flashcard, media pembelajaran audio visual berupa video, dan media pembelajaran audio berupa lagu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kosa Kata, Bahasa Inggris, Media Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36108

Actions (login required)

View Item View Item