Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester 1

Nowita, Inneke Putri (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Semester 1. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_INNEKE_PUTRI_NOWITA_17031148_ 3310_2021.pdf

Download (681kB) | Preview

Abstract

Revolusi Industri 4.0 atau dikenal juga dengan Revolusi Industri Keempat (4IR). Dalam menghadapi revolusi 4.0 seseorang harus memiliki beberapa keterampilan. Keterampilan tersebut dikenal dengan 4C pembelajaran abad 21 yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreativitas dan inovasi. Keterampilan tersebut dapat dilatih dalam proses belajar mengajar, yaitu menggunakan bahan ajar. Bahan ajar yang sering digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Keterampilan 4C dapat dilatih dengan melakukan kegiatan yang ada pada LKPD. Akan tetapi, di SMA Negeri 1 Batusangkar belum tersedianya bahan ajar berupa LKPD yang dapat melatih keterampilan abad 21. Untuk itu perlu dikembangkan LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester 1. Pengembangan LKPD ini menggunakan tiga tahapan dari 4-D models yaitu define, design, dan development, dan tidak sampai pada tahapan disseminate. Objek penelitian ini adalah LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester 1. Sedangkan subjek penelitian ini adalah vallidator yang terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan seorang guru mata pelajaran biologi SMA Negeri 1 Batusangkar. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi produk. Data yang didapatkan dari hasil validasi dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menghasilkan LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester 1 diperoleh rata-rata nilai validitas 95,59% dengan kriteria sangat valid. Dengan rincian pada aspek kelayakan isi 94,79%, aspek kebahasaan 95,24%, aspek penyajian dan konstruksi 95,45%, dan aspek kegrafikaan 96.87%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran biologi Kelas X Semester 1 yang sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36105

Actions (login required)

View Item View Item