Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA

Adelina, Indah (2021) Pengembangan Permainan Ular Tangga Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dan Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_INDAH_ADELINA_ 16035015_5401_2021.pdf

Download (606kB) | Preview

Abstract

Pada proses pembelajaran, guru selalu memberikan latihan kepada peserta didik dalam pemantapan konsep. Dari hasil observasi diperoleh informasi bahwa guru sudah memberikan latihan yang bersumber dari LKPD, buku teks dan modul pembelajaran. Namun partisipasi aktif dari peserta didik masih kurang dalam proses pembelajaran sehingga diperlukan suatu altematif model latihan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan variasi latihan berupa permainan ular tangga kimia untuk memantapkan konsep peserta didik pada materi reaksi reduksi oksidasi dan tata nama Senyawa dan menentukan tingkat validitas berdasarkan fungsi media. Jenis penelitian ini adalah Educational Design Research dengan model Plomp yang terdiridari 3 tahap yaitu penelitian pendahuluan, pembentukan prototype dan penilaian. Penelitian ini dibatasi pada tahap pembentukan prototipe dan evaluasi formatif hingga tahap one to one dan expert review. Penilaian expert review dilakukan dengan uji validitas oleh 2 orang guru kimia SMA N 1 Gunung Tuleh dan 2 orang dosen kimia FMIPA UNP. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket validitas yang dianalisis dengan rumus Aiken V Penelitian permainan ular tangga kimia yang telah dikembangkan memiliki rata-rata nilai V sebesar 0,81 dengan kategori sangat valid. Dengan demikian permainan ular tangga kimia dikatakan sangatvalid sebagai media pembelajaran untuk materi reaksi reduksi oksidasi dan tata nama senyawa berdasarkan fungsi media yaitu fungsi atensi, fungsi afektif, fungsi kognitif dan fungsi kompensatoris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:24
Last Modified: 07 Jan 2022 02:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36104

Actions (login required)

View Item View Item