Pengaruh Penggunaan Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus II Kota Solok

Zalmonetasari, Zalmonetasari (2021) Pengaruh Penggunaan Model Think Talk Write (TTW) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SDN Gugus II Kota Solok. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_ZALMONETASARI_2934_17129283_2021.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemapuan peserta didik dalam berpikir kritis dan menguasai konsep pembelajaran yang mengakibatkan peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pemikirannya dalam menghadapi permasalahan sehingga berdampak terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN Gugus II Kota Solok pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilakukan pada tema 8 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4. Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasi eksperimen design. Dengan desain Nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probably sampling, yaitu cluster random sampling. Populasi terdiri dari lima Sekolah Dasar dan satu SDIT dalam satu Gugus II Kota Solok, yang terpilih sebagai sampel adalah SDN 03 Simpang Rumbio, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dengan jenis pilihan ganda.Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dengan taraf signifikan 5% (=0,05).Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 80,68 dan nilai rata-rata kelas kontrol 68,41. Berdasarkan perhitungan uji-t (t-test) dengan taraf signifikan 5% (=0,05) diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 5,024 ˃ 2,003. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan model Think Talk Write (TTW) terhadap peningkatan hasil belajar tematik terpadu kelas IV SDN Guguss II Kota Solok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Think Talk Write (TTW), Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:43
Last Modified: 06 Jan 2022 06:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36092

Actions (login required)

View Item View Item