Penggunaan Pendekatan Whole Language Tipe Reading aloud Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 27 Batu Bulek Tanah Datar

Zatalini, Za’ima (2021) Penggunaan Pendekatan Whole Language Tipe Reading aloud Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 27 Batu Bulek Tanah Datar. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_ZA'IMA_ZATALINI_2696_17129448_2021.pdf

Download (569kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca permulaan yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran terlihat beberapa peserta didik belum hafal bentuk huruf abjad, kemampuan peserta didik yang rendah dalam mengucapkan bunyi huruf, serta peserta didik belum bisa membaca nyaring huruf, suku kata, kata kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat. Hal tersebut disebabkan oleh masih minimnya pengembangan pendekatan pembelajaran inovatif yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centerd. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan pendekatan whole language. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1x pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas I SDN 27 Batu Bulek Tanah Datar. Data dari penelitian diperoleh dari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 84.09% (baik) dan siklus II 90.9% (sangat baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 78.13% (cukup) dan siklus II 87.5% (baik), sedangkan aktivitas peserta didik pada pelaksanaan siklus I 76.57% (cukup), dan siklus II 87.5% (baik), c) Penilaian terhadap kemampuan membaca permulaan peserta didik pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 72.83 serta persentase 53.33% dan siklus II dengan rata-rata 81 serta persentase 86.33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disim pulkan bahwa dengan pendekatan whole language dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan whole language, kemmapuan membaca permulaan, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:43
Last Modified: 06 Jan 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36091

Actions (login required)

View Item View Item