Peningkatan Hasil Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri Pulau Temiang Tebo Jambi

Safitri, Winda (2021) Peningkatan Hasil Keliling dan Luas Bangun Datar Serta Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri Pulau Temiang Tebo Jambi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_WINDA_SAFITRI_2984_17129099_2021.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada bidang studi matematika terutama pada keliling dan luas bangun datar untuk peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam materi keliling dan luas bangun datar serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV Sekolah Dasar menggunakan pendekatan Discovery Learning (DL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV sebanyak 22 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, terjadi peningkatan pada pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pendekatan Discovery Learning dari aspek guru maupun peserta didik. Hasil pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata dengan persentase 86.05% dengan kualifikasi baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 94.44% dengan kualifikasi sangat baik (SB) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,39%. Sedangkan dari aspek guru dan aspek peserta didik mengalami peningkatan dari 78,12% menjadi 93,75% hal ini menandakan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15,63%. Peningkatan juga terlihat dari hasil tes evaluasi peserta didik menggunakan pendekatan Discovery Learning yaitu pada siklus I rata-rata yang didapat peserta didik adalah 67,5 dengan kualifikasi cukup dan meningkat pada siklus 2 menjadi 90 dengan kualifikasi sangat baik (SB). Sehingga rata-rata hasil tes evaluasi dari siklus I dan siklus II adalah 75 dengan kualifikasi Baik (B). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 007/VIII Pulau Temiang Tebo Jambi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:43
Last Modified: 06 Jan 2022 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36090

Actions (login required)

View Item View Item