Pengaruh Media KIT Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV Sekolah Das

Septiani, Yafi Dwi (2021) Pengaruh Media KIT Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Di Kelas IV Sekolah Das. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_YAFI_DWI_SEPTIANI_4482_17129100_2021.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar keliling dan luas bangun datar di kelas IV yang belum maksimal, yang disebabkan oleh pelaksaan pembelajarannya. Guru belum maksimal dalam menggunakan media yang inovatif dan kreatif di dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang termotivasi, dan tidak semangat dalam belajar, serta pembelajaran terasa membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media KIT Matematika terhadap hasil belajar peserta didik pada materi keliling dan luas bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain Quasi Eksperimental, dengan bentuk Nonequivalent control group design. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik sampling cluster random sampling dengan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen di kelas IV SDN 02 Bukik Sikumpa (17 orang) dan kelas kontrol di kelas IV SDN 04 Bukik sikumpa (17 orang). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, yang mana melihat pengaruh dari dua rata-rata nilai setelah dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh media KIT Matematika terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV SDN 02 Bukik Sikumpa. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,9462 > 2,0369. Hasil belajar matematika pada materi bangun datar yang diperoleh kelompok eksperimen yang menggunakan media KIT Matematika memiliki nilai rata-rata sebesar 75,18 sedangkan kelompok kontrol tidak menggunakan media KIT Matematika memperoleh nilai rata-rata sebesar 63,35

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:42
Last Modified: 06 Jan 2022 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36087

Actions (login required)

View Item View Item