Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Snowball Throwing di Kelas V SD N 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam

Maiza, Widya Rezki (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Snowball Throwing di Kelas V SD N 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_WIDYA_REZKI_MAIZA_2943_17129435_2021.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran tematik yang berpusat pada guru, siswa terlihat kurang aktif dalam proses pembelajaran, kemampuan siswa terhadap permasalahan yang dihadapinya masih kurang terlihat, keberanian siswa berbicara untuk mengungkapkan pendapat masih kurang terlihat, rendahnya hasil belajar siswa dalam pemelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik menggunakan model Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitin ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan. Meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam yang berjumlah 22 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian rencana pelaksaan pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes dan non tes. Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh skor rata-rata 84,71% dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah membuat RPP yang sesuai dengan tuntutan sehingga pada siklus II memperoleh skor 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I diperoleh skor rata-rata 86,10 dengan kualifikasi baik,meningkat pada siklus II dikarenakan guru telah memperbaiki kekurangan pada siklus sebelumnya sehingga memperoleh skor 94,44 dengan kualifikasi baik. Aktivitas siswa siklus I diperoleh skor rata-rata 86,10% dengan kualifikasi baik, peningkatan dikarenakan guru telah memperbaiki proses pelaksanaan peelajaran sehingga pada siklus II memperoleh skor 94,44% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata 76,49 dengan kualifikasi cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 85,90 dengan kualifikasi baik, dilihat dari segi pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa semakin meningkat dari siklus I sampai siklus II dimana selain hasil belajar dan keterampilan siswa, sikap siswa juga meningkat dari sikap sosial dan spiritualnya. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SDN 24 Sungai Cubadak Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:32
Last Modified: 05 Jan 2022 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36082

Actions (login required)

View Item View Item