Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 11 Campago Guguk Bulek

Ramadhanti, Suci (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Mengggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 11 Campago Guguk Bulek. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_SUCI_RAMADHANTI_2346_17129087_2021.pdf

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar siswa yang rendah, model pembelajaran two stay two stray yang belum pernah digunakan, dan media pembelajaran yang masih jarang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperatve learning tipe two stay two stray.Penelitian ini dilaksananakan dengan model Cooperative Learning tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 11 Campago Guguk Bulek. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I Pertemuan I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 77,77%, Siklus I pertemuan II rata-rata 83,33% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan I rata-rata 84,37% (B), Siklus I pertemuan II rata-rata 84,37% dan siklus II 96,87% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek siswa siklus I pertemuan I rata-rata 81,25% (B), Siklus I pertemuan II rata-rata 84,37 dan siklus II menjadi 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rata 71, Siklus I pertemuan II rata-rata 77,93 dan siklus II rata-rata 83,37. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Two Stay Two Stray, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36077

Actions (login required)

View Item View Item