Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan

Sari, Sonia Yulia (2021) Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas VB SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_SONIA_YULIA_SARI_2835_17129267_2021.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas VB SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang cocok untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Mengakibatnya aktivitas siswa rendah pada pembelajaran tematik terpadu.Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di laksanakan di SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian yaitu guru (observer), penelitian (praktisi) dan siswa yang berjumlah 20 orang. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan dan aktivitas peserta didik pada pembelajaran tematikterpadu dengan model Problem Based Learning.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan siklus I ke siklus II. Hal ini digambarkan dari pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 86% dengan kualifikasi baik dan meningkat menjadi 92,85% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aktivitas guru pada siklus I adalah 82,14% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 92,85% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I, nilai rata-rata untuk visual activitis66,87% dengan kualifikasi kurang, writing activities 69,37% dengan kualifikasi kurang, mental activities 66,66% dengan kualifikasi kurang dan motor activities 63,12% dengan kualifikasi kurang. Pada siklus II untuk visual activitis 90%, dengan kualifikasi baik, writing activities 93,75% dengan kualifikasi baik, mental activities 90% dengan kualifikasi baik dan motor activities 91,25 % dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu tema 7 di kelas VB SDN 10 Lubuk Buaya Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, aktivitas belajar, tematik terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36074

Actions (login required)

View Item View Item