Upaya Guru Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Penerapan E-Learning Sosiologi di SMA Negeri 3 Kota Pariaman

Muhammad, Benny (2021) Upaya Guru Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Penerapan E-Learning Sosiologi di SMA Negeri 3 Kota Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_BENNY_MUHAMMAD_17058150_4895_2021.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru mencapai tujuan pembelajaran pada penerapan e-learning sosiologi di SMA Negeri 3 Kota Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru sosiologi, dan siswa IPS di SMA Negeri 3 Kota Pariaman. Penelitian ini dianalisis dengan teori tindakan sosial dari Max Weber. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan guru agar tercapainya tujuan pembelajaran sosiologi menggunakan e-learning di SMA Negeri 3 Kota Pariaman, yaitu: Upaya menyangkut strategi berupa penggunaan model pembelajaran secara blanded learning (campuran pembelajaran tatap muka dan daring). Upaya menyangkut media berupa penggunaan berbagai media pembelajaran seperti video, slide powerpoint, dan bahan ajar berbentuk word/pdf. Upaya menyangkut alat berupa pemanfaatan berbagai media elektronik untuk kebutuhan belajar. Upaya menyangkut sumber belajar yang berupa pemanfaatan buku elektronik, internet, serta lingkungan siswa sebagai sumber belajar utama bagi siswa. Upaya menyangkut teknis berupa mencari alternatif lain pengganti e-learning serta perpanjangan waktu pengumpulan tugas bagi siswa yang terkendala jaringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:42
Last Modified: 06 Jan 2022 06:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36072

Actions (login required)

View Item View Item