Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan

Mirwanda, Septia (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team di Kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_SEPTIA_MIRWANDA_4784_17129081_2021.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang belum menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalalm penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, kurang mengoptimalkan pelaksanaan pembelajaran berbasis kelompok, kurang memberikan rangsangan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari, kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengolah informasi yang diperoleh dan guru kurang membimbing siswa dalam menyimpulkan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Listening Team Di Kelas V SDN 20 Muara Jambu.Penelitaian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanaan pelaksanaan menggunakan model Listening Team. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti sebagai praktisi dan siswa kelas V SDN 20Muara Jambu yang berjumlah 24 orang.Hasil penelitian menunjukkan penilaian RPP pada siklus 1 rata-rata 80 % (B), meningkat pada siklus II 92,5% (SB). Penilaian aktivitas guru siklus I memperoleh rata-rata 80% (B), meningkat pada siklus II 94,44% (SB). Penilaian aktivitas siswa siklus I rata-rata 80% (B), meningkat pada siklus II 94,44% (SB).Penilaian hasil belajar Siklus 1 rata-rata 76,5% (C), meningkat pada siklus II 83% (B). Dengan demikian, berdasarkan data penelitian yang didapat dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar tematik terpadu pada tema 8 di kelas V SDN 20 Muara Jambu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Listening Team, Hasil Belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36071

Actions (login required)

View Item View Item