Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus II Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Taupik, Riska Putri (2021) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus II Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_RISKA_PUTRI_TAUPIK_2387_17129174_2021.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum melibatkan siswa dalam kerja project untuk mengkontruksikan pembelajarannya, siswa belum aktif dalam belajar kelompok dan menyelesaikan masalah, dan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus II Koto Salak Dharmasraya.Jenis penelitian adalah kuantitatif dalam bentuk quasy eksperiment design. Desain yang digunakan The Non equivalent Control Group Design. Penelitian dilakukan di SDN 02 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling, yang mana populasi terdiri dari beberapa SD dalam satu Gugus II Kec. Koto Salak. Sehingga yang terpilih sebagai kelas sampel adalah VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik inferensial dengan uji-t.Berdasarkan hasil Pretest yang diperoleh rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning adalah 49,842 dan nilai rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen adalah 82,631. Sedangkan pembelajaran di kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar pretest adalah 53,21 dan rata-rata hasil belajar setelah dibelajarkan menggunakan pendekatan konvensional memiliki rata-rata posttest 71,105. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dengan uji t, diperoleh thitung= 3,8421 dan ttabel 2,028 dengan taraf nyata 0,05. Dengan demikian t’hitung = 3,8421 > ttabel = 2,028 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning terhadap hasil belajar pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN Gugus II Koto Salak Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, hasil belajar, Tematik Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36069

Actions (login required)

View Item View Item