Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas III SDN 34 Lubuk Alung

Marina, Rini (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik di Kelas III SDN 34 Lubuk Alung. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_RINI_MARINA_2740_17129261_2021.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 34 Lubuk Alung. Hal ini dikarenakan guru kurang maksimal dalam melaksanakan pendekatan saintifik, sehingga berakibat rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Data penelitian berupa hasil pengamatan dari setiap tindakan perbaikan dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas III SDN 34 Lubuk Alung. Data tersebut tentang hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 27 orang, peneliti berperan sebagai praktisi dan guru kelas berperan sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak II siklus, dimana siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari I kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan RPP siklus I memperolehrata-rata 84,71% (B), kemudian meningkat menjadi 94,44% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 78,57% (B), kemudian meningkat menjadi 92,85% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek siswa siklus I memperoleh rata�rata 78,56% (B), kemudian meningkat menjadi 89,28% (SB) disiklus II. Hasil belajar siswa mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,54 kemudian meningkat menjadi 86,04 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas III SDN 34 Lubuk Alung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan saintifik, hasil belajar peserta didik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:30
Last Modified: 05 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36068

Actions (login required)

View Item View Item