Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan

Azhira, Nurul (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
A_06_NURUL_AZHIRA_2790_171239389_2021.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kab. Pesisir Selatan belum terlaksana secara maksimal baik dilihat dari segi guru, maupun dilihat dari segi peserta didiknya dalam proses pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model Discovery Learning untuk meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik di kelas IV SD Negeri 15 Lansano yang berjumlah 23 orang yang terdiri dari 15 orang peserta didik laki-laki dan 8 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan non tes.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil pengamatan RPP pada siklus I rata-rata 80% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 90% pada siklus II dengan kualifikasi baik. Pada hasil pengamatan pelaksanaan pembelajaran, nilai rata-rata untuk aspek guru pada siklus I adalah 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II dengan kualifikasi sangat baik. Pada hasil pengamatan aspek peserta didik pada siklus I, nilai rata-rata 81,25% dengan kualifikasi baik meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 15 Lansano Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik Terpadu, Discovery Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 05 Jan 2022 06:29
Last Modified: 05 Jan 2022 06:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36061

Actions (login required)

View Item View Item