Masdi, Hendri and Pratama, Azry Ram (2022) Edutainment Module Development with Sway in Electrical Power Installation Subjects. Jurnal Teknik elektro dan Vokasional, 18 (1). ISSN Print: 2746-6086 dan Online: 2302-3309
|
Text
HENDRI_MASDI_Edutainment_Module_Development_with_Sway_ICTVET_2021_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan modul yang belum praktis dan pembelajaran yang belum sepenuhnya terpusat kepada peserta didik pada Kelas XII TITL di SMKS Islam Hang Tuah Batam untuk mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik.Penelitian ini adalah penelitian R&Ddengan model pengembangan 4D. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas pada KD 3.11.Hasil validasi modul adalah 87,2% dengan kategori sangat valid yang didapat dari rata-rata penilaian 3 validator. Penilaian kepraktisan modul oleh guru adalah 86,67% dengan kategori sangat praktis dan oleh peserta didik adalah 84,72% dengan kategori sangat praktis. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan modul adalah 21 peserta didik yang tuntas dari 24 peserta didik, dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,5% sehingga modul dikatakan efektif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul valid, praktis, dan efektif digunakan untuk pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XII TITL di SMKS Islam Hang Tuah Batam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Electrical Power |
Subjects: | T Technology > GT Technology (general) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 04 Jan 2022 07:37 |
Last Modified: | 27 Jan 2022 04:10 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36059 |
Actions (login required)
View Item |