Ketidakefektifan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu di Jorong Aia Baba Kenagarian Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota

Mulyasri, Annisa (2021) Ketidakefektifan Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Menunjang Pendidikan Siswa Kurang Mampu di Jorong Aia Baba Kenagarian Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ANNISA_MULYASRI_17058099_5146_2021.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab tidak efektifnya Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menunjang pendidikan siswa kurang mampu di Jorong Aia Baba Nagarai Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota. Latar belakang dari penelitian ini terlihat dari tidak efektifnya bantuan dana PKH, dimana bantuan PKH adalah sebuah bantuan langsung tunai yang diberikan kepada masyarakat yang tergolong kepada Rumah Tangga Miskin (RTSM) yang diberikan secara bersyarat kepada masyarakat. Bantuan ini terbagi menjadi dua yaitu bantuan untuk pendidikan anak dan bantuan untuk kesehatan, fokus penelitian ini adalah tentang pendidikan anak. Masyarakat menggunakan dana PKH bukan untuk biaya pendidikan anak, padahal telah diberikan pembinaan oleh pendamping PKH bahwa dana bantuan PKH di bidang pendidikan maka wajib menggunakannya untuk pendidika anak. Metode penelitian dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan jumlah informan 27 orang. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu teori structural fungsional dari Robert K. Merton, mengenai fungsi manifest dan fungsi laten, karena teori ini dirasa mampu untuk dijadikan pisau analisis untuk menganalisis temuan dalam penelitian ini. Lokasi penelitian dilaksanakan di Jorong Aia Baba Nagari Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat. Hasil dari penelitian ini terkait dengan faktor penyebab tidak efektif pelaksaan Program Keluarga Harapan (PKH) disebabkan karena pertama, mindset atau cara berpikir anggota penerima bantuan PKH yang mengikuti gaya hidup tetangga, hal ini dapat terlihat ketika tetangga yang tidak mendapatkan bantuan PKH membelikan smartphone untuk anaknya, maka anggota penerima PKH juga membelikan smartphone untuk anak mereka. Kedua, keadaan masyarakat dipersulit karena adanya pandemi Covid19 yang menyebabkan menurunnya pendapatan keluarga. Ketiga, disebabkan karena masyarakat terlilit hutang, sehingga ketika dana PKH cair masyakat menggunakan dana tersebut untuk membayar cicilan motor serta bank. Hal inilah yang menyebabkan tidak efektifnya Program Keluarga Harapan (PKH) dalam menunjang pendidikan siswa kurang mampu di Jorong Aia Baba Nagari Halaban Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Lima Puluh Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROGRAM KELUARGA HARAPAN
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:11
Last Modified: 04 Jan 2022 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36058

Actions (login required)

View Item View Item