Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh

Oktavia, Anggun (2021) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 7 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_ANGGUN_OKTAVIA_17329055_4245_2021.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk melihat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, faktor pendukung dan faktor penghalang yang di temukan guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik, selanjutnya bagaimana bentuk evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menilai karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diambil melalui melalui wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kesiswaan, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Untuk memperkuat data penelitian penulis juga mengambil data melalui observasi dan dokumentasi. Seluruh data wawancara dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara keseluruhan hasil penelitian mendapati bahwa, pertama pada aspek peran Guru Pendidikan Agama Islam terdapat tujuh peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam yaitu guru sebagai pendidik, guru sebagai pengajar, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pelatih, guru sebagai pengelola kelas, guru sebagai informator, guru sebagai motivator. Kedua faktor pendukung pembentukkan karakter peserta didik yaitu faktor internal adalah dorongan yang berasal dari dalam diri individu itu sendiri dan faktor eksternal yaitu faktor lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, dan juga dorongan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat dalam pembentukkan karakter adalah faktor eksternal yaitu ketidakpahaman orang tua tentang pembentukkan karakter anak dan lingkungan dimana anak tinggal. Ketiga bentuk evaluasi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menilai karakter peserta didik yaitu dengan teknik non tes. Evaluasi pembentukkan karakter dilakukan langsung melalui pengamatan (observation) oleh guru mata pelajaran yang masuk ke dalam kelas dan juga oleh wakil kesiswaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 07:11
Last Modified: 04 Jan 2022 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36057

Actions (login required)

View Item View Item