Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SD N 35 Ambacang Kamba

Sari, Yulia Ratni (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Kelas IV SD N 35 Ambacang Kamba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_YULIA_RATNI_SARI_17129185_5068_2021.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Di Kelas IV SD N 35 Ambacang Kamba. Pendekatan penelitian yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi ;perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus.dilakukan dengan kerja sama dengan guru kelas. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas IV SDN 35 Ambacang Kamba yang berjumlah 19 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada proses pembelajaran tematik pada tema 8. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 83,3% dengan kualifikasi Baik (B) sedangkan pada siklus II rata-ratanya adalah 94,4% dengan kualifikai Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek guru yaitu siklus I rata-rata 77,6% dengan kualifikasi Cukup (C) sedangkan pada siklus II rata- ratanya adalah 94,4% dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek siswa yaitu siklus I rata-rata 77,6% dengan kualifikasi Cukup (C) sedangkan pada siklus II rata-rata yaitu 94,4% dengan kualaifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian model GI dapat dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas IV SDN 35 Ambacang Kamba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:32
Last Modified: 04 Jan 2022 04:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36053

Actions (login required)

View Item View Item