Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok

Amelia, Sri (2021) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_SRI_AMELIA_14129102_4916_2021.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen, dengan bentuk non equivalent control group design.. Penelitian ini dilakukan di SDN 04 Cupak Kabupaten Solok. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 48 orang. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisi data yang digunakan adalah uji statistic inferensial dengan uji-t yang mana membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dibuktikan dengan hasil t-test pada taraf nyata α = 0,05 dan dk=46 diperoleh thitung (2,01208) > ttabel (1,67866). Hal ini menunjukkan hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu kedua kelas berbeda secara signifikan. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan model Discovery Learning adalah 79,38 lebih tinggi dari rata-rata kelas control yang menerapkan pembelajaran konvensional adalah 73,54. Dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Jan 2022 01:14
Last Modified: 04 Jan 2022 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36047

Actions (login required)

View Item View Item