Darmawan, Rafi (2021) Penerapan Model cooperative learning tipe course review horray untukMeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V di SDN 07 Sungai Beremas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_06_RAFI_DARMAWAN_17129396_5702_2021.pdf Download (266kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model cooperative learning tipe course review horray untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 07 Sungai Beremas. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada pelaksanaannya, penelitian terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian yaitu: a) Perencanaan, b) Pelaksanaan, c) Pengamatan, dan d) Refleksi. Penlitian dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 07 Sungai Beremas dengan jumlah 30 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan observasi, tes, dan non tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian RPP siklus I adalah 76,39% dengan kualifikasi cukup , siklus II meningkat menjadi 97,22% dengan kualifikasi sangat baik, (2) Penilaian aspek guru siklus I adalah 78,94% dengan kualifikasi cukup, siklus II meningkat menjadi 96,05% dengan kualifikasi sangat baik, (3) Penilaian aspek peserta didik siklus I adalah 76,31% dengan kualifikasi cukup, siklus II meningkat menjadi 94,73% dengan kualifikasi sangat baik, (4) Penilaian pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 69,86% dengan kualifikasi cukup, siklus II meningkat menjadi 86,87% dengan kualifikasi sangat baik Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperative learning tipe course review horray dapat meningkatakan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu kelas V SDN 07 Sungai Beremas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COURSE REVIEW HORRAY |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli |
Date Deposited: | 03 Jan 2022 02:08 |
Last Modified: | 03 Jan 2022 02:08 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36038 |
Actions (login required)
View Item |