Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik TerpaduMenggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang

Yanti, Nofi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik TerpaduMenggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_NOFI_YANTI_16129367_4668_2021.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar tematik terpadu di kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang dengan jumlah peserta didik 12 orang, peneliti sebagai praktisi dan guru kelas sebagai observer. Penelitian ini di laksanakan sebanyak II siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II kelas IV SDN 20 Kurao Pagang. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa hasil observasi atau pengamatan dari setiap tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan , Hasil pengamatan RPP siklus I pertemuan I memperoleh rata-rata 75% (B), meningkat pada pertemuan II menjadi 83,33% (B), kemudian meningkat menjadi 94,44% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siklus I pertemuan I rmemperoleh rata-rata 71,87% (C), meningkat pada pertemuan II menjadi 84,37% (B), kemudian meningkat menjadi 93,75% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek peserta didik siklus I pertemuan I rmemperoleh rata-rata 68,75% (C), meningkat dipertemuan II menjadi 78,12%(B), kemudian meningkat menjadi 90,62% (SB) disiklus II. Hasil belajar peserta didik mencangkup aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siklus I pertemuan I dan II, dan siklus II memperoleh 71,92, 77,10 87,25. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 20 Kurao Pagang Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Dec 2021 06:49
Last Modified: 30 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36027

Actions (login required)

View Item View Item