Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD

Arrafi, Annisa (2020) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ANNISA_ARRAFI_ 16129289_ 464_2020.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini penerapan pendekatan yang tepat masih belum teraplikasikan dengan baik dan efektif, sehingga banyakmpeserta didik yang masih memiliki tingkatan matematis yangmrendah pada mata pelajaran matematika, kesulitan dalam memahami materi, tidak tertarik dengan materi yang disampaikan oleh pendidik, belum mampu menjawab soal-soal terkait materi, tidak ada feedback dari siswa seperti bertanya terkait materi, dan motivasi untuk belajar sangatlah kurang. Hal inilah yang membuat pendidik harus mempertimbangkan sebuah pendekatan yang tepat dalam proses pembelajaran. Maka perlu diadakan perbaikan pada pelaksanaan pembelajaran demi meningkatkan kemampuan peserta didik dalam belajar matematika sehingga pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) mampummeningkatkan serta mengoptimalkan segala kemampuan peserta didik sebagaimana yang diharapkan pada kurikulum 2013. Salah satu cara yang tepat ialah dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian makalah ini yaitu menggunakan studi literatur (review artikel). Keberhasilan penerapan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) ini telah terbukti dari beberapa sumber jurnal yang telah pernah melakukan penelitian dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:11
Last Modified: 24 Feb 2022 02:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36019

Actions (login required)

View Item View Item