Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) Berbasis Creative Problem Solving ( CPS ) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Motivasi Belajar di Kelas IV SD

Mulia, Lika Putri (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) Berbasis Creative Problem Solving ( CPS ) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terhadap Motivasi Belajar di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_LIKA_PUTRI_MULIA_17129349_5219_2021.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD) Berbasis Creative Problem Solving ( CPS ) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terhapat Motivasi Belajar di Kelas IV SD yang valid, praktis dan efektif hal ini juga didukung oleh sekolah yang telah menggunakan Kurikulum 2013 sehingga mempermudah proses pembelajaran dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembanagan ADDIE memiliki lima tahapan yaitu : Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evalusi). Subjek penelitian ini yaitu 3 orang ahli, 1 orang guru kelas IV dan 17 orang peserta didik kelas IV SDN 02 Minangkabau. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain lembar validasi ahli, angket respon guru dan peserta didik, angket respon motivasi belajar peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukan LKPD berbasis CPS pada pembelajaran tematik terpadu terhadap motivasi belajar peserta didik di kelas IV SD : (1) melalui tahapan validasi oleh ahli materi, bahasa dan kegrafikan memperoleh kategori sangat valid dengan penilaian rata-rata keseluruhan validator 86,55%, (2) respon guru dan peserta didik memperoleh kategori sangat praktis dengan penilaian rata-rata respon guru 91.6 % dan peserta didik 93,38 % (3) respon motivasi belajar peserta didik memperoleh kategori tinggi yang mendapatkan penilaian dengan rata-rata 92,15%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CREATIVE PROBLEM SOLVING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:27
Last Modified: 29 Dec 2021 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36008

Actions (login required)

View Item View Item