Pengaruh Kegiatan Lesson Study Guru Kimia terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dan Kompetensi Kognitif Peserta Didik

Hasanah, Azzahrotul (2019) Pengaruh Kegiatan Lesson Study Guru Kimia terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dan Kompetensi Kognitif Peserta Didik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_AZZAHROTUL_HASANAH_17176020_2008_2019.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Lesson Study merupakan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berdasarkan pada prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar sebagai upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian adalah untuk melihat pengaruh kegiatan lesson study guru kimia terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru dan kompetensi kognitif peserta didik. Metode penelitian adalah penelitian pre�experimental dengan menggunakan desain one group pretest-posttest design. Subjek penelitian terdiri dari 34 peserta didik dan 1 orang guru kimia yang berasal dari Sekolah Menengah Atas di Kota Padang. Pelaksanaan lesson study dilakukan sebanyak 6 kali pertemuan pada materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga dengan tahap plan, do dan see. Data penelitian diambil menggunakan instrumen lembar observasi, angket dan tes hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kualitas Pelaksanaan lesson study pada guru kimia SMA N 5 Padang tahun pelajaran 2018/2019 berkualifikasi baik dengan rata-rata skor 84. 2) Berdasarkan uji Wilcoxon terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan lesson study guru kimia terhadap peningkatan kompetensi pedagogik guru. 3) Kegiatan lesson study guru kimia secara signifikan dapat meningkatkan kompetensi kognitif peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA N 5 Padang. 4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan kompetensi kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 29 Dec 2021 01:37
Last Modified: 29 Dec 2021 01:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36005

Actions (login required)

View Item View Item