Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Risiko Pembiayaan terhadap Pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2009-2020)

Yusnita, Rima (2021) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Risiko Pembiayaan terhadap Pembiayaan Murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2009-2020). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_RIMA_YUSNITA_17059028_5261_2021.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya, bank syariah dengan bank konvensional itu berbeda. Perbedaanya terletak dalam landasan operasi yang dipakai. Dimana pada bank konvensional beroperasi berasaskan bunga, sedangkan bank syariah beroperasi berasaskan pada bagi hasil, jual beli dan sewa. Kegiatan utama bank ialah menyalurkan dana ke masyarakat. Penyaluran dana ini dalam bank konvensional disebut kredit, sedangkan pada bank syariah lebih sering disebut dengan pembiayaan. Dari 8 jenis pembiayaan yang ada dalam bank syariah, pembiayaan murabahah merupakan pembiayaan yang paling dominan dan diminati masyarakat serta bernilai paling tinggi setiap tahunnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas dan risiko pembiayaan terhadap pembiayaan murabahah pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2009-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah di Indonesia tahun 2009-2020. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan didapat 10 bank dengan total sampel sebanyak 107 sampel. Data penelitian menggunakan data sekunder yang diambil dari situs resmi masing-masing bank, dan metode penelitian yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap pembiayaan murabahah dan risiko pembiayaan berpengaruh positif signifikan terhadap pembiayaan murabahah pada bank umum syariah di Indonesia. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat memasukkan seluruh perbankan syariah dan menambah sampel serta variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:04
Last Modified: 28 Dec 2021 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35998

Actions (login required)

View Item View Item