Rusiani Js, Aisyah Fitri (2019) Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Asam Basa untuk Meningkatkan HOTS dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 4 Padang dan XI IPA SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
3_A_AZZAHROTUL_HASANAH_17176020_2008_2019.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa untuk meningkatkan HOTS dan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster purposive sampling. Jumlah sampel yaitu 127 peserta didik yang terdiri dari dua kelompok eksperimen (eksperimen 1, n=32 peserta didik dan eksperimen 2, n=32 peserta didik) dan dua kelompok kontrol (kontrol 1, n=32 peserta didik dan kontrol 2, n=30 peserta didik). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar yang di dalam nya terdapat soal HOTS. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 16. Hasil yang diperoleh N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu kelas eksperimen 1 and 2 memiliki N-gain 0.64 dan 0.60, sedangkan kelas kontrol 1 dan 2 memiliki N-gain 0.58 dan 0.56 dengan perbedaan yang signifikan. Dari hasil analisis uji t diperoleh nilai Sig. (2- tailed) HOTS kelas eksperimen 1 dan kontrol 1 yaitu 0,039 dan kelas eksperimen 2 dan kontrol 2 yaitu 0,041. Nilai Sig. (2-tailed) hasil belajar kelas eksperimen 1 dan kontrol 1 yaitu 0,002 dan kelas eksperimen 2 dan kontrol 2 yaitu 0,018 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif terhadap HOTS dan hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2 |
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 07:03 |
Last Modified: | 28 Dec 2021 07:03 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35996 |
Actions (login required)
View Item |