Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Direct Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci

Humaira, Afifi Reni (2019) Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Direct Instruction Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_AFIFI_RENI_HUMAIRA_16177001_3640_2019.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X SMAN 2 Kerinci dengan menggunakan instrument berupa soal dengan criteria berfikir kritis, diketahui bahwa kemampuan berfikir kritis peserta didik masih rendah, dimana nilai kemampuan berfikir kritis peserta didik berada di bawah criteria ketuntasan minimal yang ditetapkan. Rendahnya nilai peserta didik juga berdampak terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIA SMA Negeri 2 Kerinci tahun pelajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontro. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t yang digunakan untuk mengukur kemampuan berfikir kritis dan uji mann whitney u untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Hasil uji-t dan uji mann whitney u pada taraf signifikansi 5%, membuktikan bahwa model Problem Based Leraning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar peserta didik. Dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas control. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan motivasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 07:03
Last Modified: 28 Dec 2021 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35995

Actions (login required)

View Item View Item