Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi

Hutagalung, Ega Syahputri (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_EGA_SYAHPUTRI_HUTAGALUNG_17129319_5866_2021.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan yang ditemukan di sekolah, yaitu hasil belajar peserta didik yang rendah, model pembelajaran two stay two stray yang belum pernah digunakan, dan media pembelajaran yang masih jarang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dengan model cooperatve learning tipe two stay two stray. Penelitian ini dilaksananakan di kelas V SDN 04 Bukit Apit Puhun Bukittinggi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V yang berjumlah 24 orang. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan, pada siklus I di mulai dengan hasil analisis penyusunan: a) RPP menunjukkan rata-rata 83,33% (B) dan siklus II menjadi 94,44% (SB), b) Pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 85,93% (B) dan siklus II 96,87% (SB), sedangkan pelaksanaan aspek peserta didik siklus I rata-rata 84,37% (B), dan siklus II menjadi 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 73,67 dan siklus II rata-rata 86,64. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL TWO STAY TWO STRAY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 28 Dec 2021 01:39
Last Modified: 28 Dec 2021 01:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35987

Actions (login required)

View Item View Item