Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMKN Solok

Febiyola, Dina (2021) Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di SMKN Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_DINA_FEBIYOLA_17002084_4720_2021.pdf

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMKN 1 Solok yang dilihat dari 1)penguasaan materi, 2)penggunaan teknologi dan media pembelajaran serta 3)penerapan metode pembelajaran. Pertanyaan penelitian ini adalah“Seberapa baik tingkat kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMKN 1 Solok menurut persepsi siswa yang dilihat dari 1)penguasaan materi, 2)penggunaan teknologi dan media pembelajaran serta 3)penerapan metode pembelajaran?“ Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dan XII SMKN 1 Solok yang berjumlah 1150 orang dan besar sampel ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin pada tingkat kesalahan 10% dengan teknik propotional random sampling sebanyak 92 orang siswa. Instrumen penelitian angket model skala likert dengan lima alternatif jawaban yaitu sangat baik (SB), baik (B), cukup baik (CB), kurang (K), sangat kurang (SK). Angket penelitian ini telah diuji validitas dan reabilitasnya menggunakan bantuan program SPSS versi 25.0. Dengan ketentuan r hitung besar dari r tabel dengan r tabel 0,444. Hasil uji coba kedua instrument menunjukkan dari 35 item pernyataan didapatkan bahwa 30 item pernyataan dinyatakan valid, sedangkan 5 item lainnya dinyatakan tidak valid. Item yang tidak valid dihilangkan sehingga butir pernyataan penelitian sebanyak 30 item. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siwa tentang kompetensi guru terhadap (1)penguasaan materi berada pada kategori cukup baik dengan tingkat capaian 79,64%. (2) penggunaan teknologi dan media berada pada kategori baik dengan tingkat capaian 81,2%. (3) penerapan metode pembelajaran berada pada kategori baik dengan tingkat capaian 80,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMKN 1 Solok berada pada kategori baik dengan TCR 80,45%. Berdasarkan hal tersebut penulis menyarankan agar kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran di SMKN 1 Solok lebih ditingkatkan dan diperhatikan lagi terutama pada aspek penguasaan materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:49
Last Modified: 27 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35983

Actions (login required)

View Item View Item