Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan

Sari, Dara Sukma (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DARA_SUKMA_SARI_17129307_4870_2021.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Discovery Learning pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model Discovery Learning. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi serta tes dan non tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I memperoleh rata-rata 79%, meningkat menjadi 95% pada siklus II. (2) Aktivitas guru pada siklus I memperoleh rata-rata 81,25%, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. (3) Aktivitas peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 81,25%, meningkat menjadi 93,75% pada siklus II. Sedangkan dari hasil belajar peserta didik, pada siklus I nilai rata-ratanya 76,77 kategori cukup (dengan rata-rata persentase ketuntasan 76,19% kategori baik) meningkat menjadi 90,8 kategori baik (dengan persentase ketuntasan 95,23% kategori sangat baik) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 20 Muara Jambu Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL DISCOVERY LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Dec 2021 06:49
Last Modified: 27 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35980

Actions (login required)

View Item View Item