Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Bacaan Siswa Pada Teks Naratif melalui Think-Pair Share Model (TPS) Pada Siswa Kelas IX.2 SMPN 2 Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman

Taslim, Taslim (2017) Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Bacaan Siswa Pada Teks Naratif melalui Think-Pair Share Model (TPS) Pada Siswa Kelas IX.2 SMPN 2 Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_TASLIM_19374_1500_2019.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemahaman bacaan siswa IX.2 SMPN 2 Padang Gelugur, kabupaten Pasaman masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengadakan suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model Think-Pair Share . Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan sampai dimana model TPS meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan. Untuk mengetahui perkembangan siswa dalam memahami isi bacaan, peneliti menggunakan berbagai instrument untuk mengumpulkan data: lembar observasi, catatan lapangan, wawancara, tugas-tugas dan test. Penelitian ini terdiri dari 8 pertemuan, 3 test dalam 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil test pada test awal adalah 54,75, siklus 1, 66,00, siklus 2, 70,25. Test dibuat berdasarkan indikator; menemukan masalah tokoh, menemukan makna kata, menetukan rujukan kata, mengambil kesimpulan berdasarkan teks dan menentukan tema dari teks. Pada penelitian ini bisa dilihat peningkatan perkembangan nilai siswa dan factor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan siswa dalam memahami isi bacaan; motivasi dari guru, materi bacaan, peran guru, dan berdiskusi dengan teman. Dari pernyataan di atas bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Think_Pair Share, kemampuan pemahaman bacaan siswa bisa meningkat. Dengan harapan, penelitian ini bisa merupakan masukan yang berarti bagi guru�guru bahasa Inggris, terutama di sekolah menengah pertama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:36
Last Modified: 24 Dec 2021 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35968

Actions (login required)

View Item View Item