An Analysis of Authentic Assessment Administered By English Teachers at Grade Eleven of Nurul Ikhlas Islamic Boarding School, Panyalaian X Koto Tanah Datar

Rahman, Muthia (2018) An Analysis of Authentic Assessment Administered By English Teachers at Grade Eleven of Nurul Ikhlas Islamic Boarding School, Panyalaian X Koto Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_MUTHIA_RAHMAN_1304089_6681_2019.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penilaian autentik memiliki peranan penting dalam penilaian pada proses belajar mengajar. Penelitian studi kasus ini dilakukan untuk mengetahuijenis-jenis penilaian autentik apa saja yang di implementasikan guru dalam pengajaran Bahasa Inggris dan mengetahui bagaimana cara guru mengimplementasikan jenis-jenis penilaian autentik tersebut dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di kelas XI.SMA Nurul Ikhlas dijadikan sebagai tempat penelitian karena sekolah ini telah mengadakan ujian mandiri semenjak beberapa tahun belakang. Setiap guru mata pelajaran membuat soal-soal ujian tersendiri untuk siswa. Oleh karena itu, mereka tidak menggunakan soal-soal ujian (Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester) yang disediakan oleh pihak berwenang setempat. Selain itu sekolah ini juga mengadakan ujian lisan khusus untuk mata pelajaran bahasa (Bahasa Inggris dan Bahasa Arab) sebelum para siswa mengikuti ujian akhir semester. Populasi dari penelitian ini adalah semua guru Bahasa Inggris yang mengajar di kelas XI yang berjumlah dua orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima jenis penilaian autentik yang digunakan guru dalam menilai kemampuan berbahasa Inggris siswa yaitu : oral interview, story or text retelling, writing samples, experiment/demonstration dan teacher’s observation. Seluruh jenis penilaian autentik tersebut di implementasikan guru yang bersangkutan dalam proses pegajaran Bahasa Inggris. Berdasarkan data observasi, dokumen, dan interview dapat disimpulkan bahwa implementasi penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris perlu di tingkatkan, agar tujuan pembelajaran yang tercantum dalam dapat tercapai dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:36
Last Modified: 24 Dec 2021 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35966

Actions (login required)

View Item View Item