Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Percobaan Kota Padang

Darniyanti., Yulia (2019) Self Efficacy Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Percobaan Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_YULIA_DARNIYANTI_17124127_776_2019.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Self Efficacy siswa, siswa yang memiliki Self Efficacy tinggi, siswa memiliki Self Efficacy sedang, siswa memiliki Self Efficacy rendah dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas IV.B SDN Percobaan kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV.B, siswa, dan orang tua siswa.. Objek penelitian ini berupa Self Efficacy siswa dalam pembelajaran tematik terpadu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket Self Efficacy siswa, kata motivasi berprestasi atau teman sebaya, pernyataan dukungan orang tua siswa, dan panduan wawancara guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki Self Efficacy sangat bagus mereka selalu aktif dalam proses pembelajaran, selalu mendapat dukungan dan motivasi dari guru, teman sebaya dan orang tua. Orang tua melengkapi fasilitas anak untuk belajar dan memberikan tambahan belajar pada anak (Les). Siswa yang memiliki Self Efficacy sedang mereka juga aktif di dalam kelas, selalu mendapatkan dukungan dan motivasi dari guru, teman sebaya dan orang tua. Orang tua siswa melengkapi fasilitas pada anaknya dan memberikan bimbingan belajar (Les). sedangkan siswa yang memiliki Self Efficacy kurang bagus mereka tida pernah aktif didalam kelas, mereka jarang mendapatkan dukungan dan motivasi dari guru, teman, dan orang tua. Fasilitas beljara mereka tidak sepenuhnya dapat dipenuhi orang tua. Orang tua juga tidak memberikan bimbingan belajar tambahan pada anak, dikarenakan keterbatasan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 07:36
Last Modified: 24 Dec 2021 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35960

Actions (login required)

View Item View Item