Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Kesehatan dan Infrastruktur terhadap Pembangunan Manusia di Indonesia, di bawah bimbingan Bapak Drs. Zul Azhar, M.S

Noflian, Randi (2021) Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Kesehatan dan Infrastruktur terhadap Pembangunan Manusia di Indonesia, di bawah bimbingan Bapak Drs. Zul Azhar, M.S. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_RANDI_NOFLIAN_16060105_5716_2021.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh pengeluaran pemerintah sektor pendidikan terhadap pembangunan manusia di Indonesia (2) pengaruh pengeluaran pemerintah sektor kesehatan terhadap pembangunan manusia di Indonesia (3) pengaruh pengeluaran pemerintah sektor infrastruktur terhadap pembangunan manusia di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder Indonesia dalam bentuk data panel dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2019 dan data ini diperoleh dari lembaga resmi Kementrian Keuangan dan Badan Pusat Statistik. Metode yang digunakan analisis regresi data panel yang diolah dengan menggunakan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengeluaran publik di bidang pendidikan memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap pembangunan manusia dengan probabilitas t hitung 0,000 < 0,05, pengeluaran kesehatan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembangunan manusia dengan probabilitas t hitung 0,000 < 0,05 dan belanja publik di sektor infrastruktur berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembangunan manusia di Indonesia dengan nilai probabilitas t hitung 0,0000 < 0,05. Pemerintah provinsi diharapkan mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa belanja publik relevan dengan pembangunan manusia. Sesuai dngan uraian hasil pengujian hipotesis tersebut disarankan agar pemerintah mampu menyalurkan pengeluaran untuk sektor pendidikan, kesehatan dan Infrastruktur secara merata diseluruh wilayah Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:27
Last Modified: 24 Dec 2021 02:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35954

Actions (login required)

View Item View Item