Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Integrated Model Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Siregar, Sri Wahyuni (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Integrated Model Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SRI_WAHYUNI_SIREGAR_17124063_1349_2019.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan peneliti pada observasi awal yaitu lembar kerja peserta didikpembelajaran yang dipakai di sekolah-sekolah belum optimal dalam membantu peserta didik meningkatkan pengetahuan dan pencapaian keberagaman keterampilan peserta didik, bahkan kurang mengaktifkan peserta didik dalam pembelajaran. Perlu dikembangkan lembar kerja peserta didikyang dapat memberikan peserta didik sebuah sarana untuk mengaktifkan peserta didik dalam memperoleh fakta, dan konsep secara holistik dan bermakna, dikarenakan pembelajaran yang diharapkan kurikulum 2013 adalah pembelajaran harus terpadu (integrated instruction). Penelitian ini mengembangkan lembar kerja peserta didikberbasis Integrated Model yang diharapkan dapat mencapai peningkatan output pada peserta didik. Tujuan yang hendak dicapai dari upanya pengembangan ini adalah menghasilkan lembar kerja peserta didikberbasis integrated model yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (dessiminate). Subjek uji coba adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar Negeri 05 Padang Utara. Validasi dilakukan oleh ahli isi, ahli bahasa, dan ahli tampilan. Kepraktisan lembar kerja peserta didik dilihat dari mengamati pelaksanaan pembelajaran, pengisian angket praktikalitas oleh guru dan peserta didik. sedangkan keefektifan dilihat dari mengamati aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis integrated model yang dikembangkan telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan. Lembar kerja peserta didik berbasisintegrated model pada kelas I Sekolah Dasar telah dinyatakan valid, dengan rata-rata mencapai 4,11. Hasil uji praktikalitas secara keseluruhan (keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru dan peserta didik terhadap lembar kerja peserta didik) diperoleh persentase kepraktisan sebesar 89,4 dengan kategori sangat praktis. Demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu proses pembelajaran. Hasil uji efektifitas secara keseluruhan (aktivitas dan hasil belajar peserta didik) diperoleh persentase efektifitas sebesar 85,2 dengan kategori sangat efektif. Demikian, lembar kerja peserta didik yang dikembangkan oleh peneliti telah membantu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis integrated model di kelas I Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Integrated Model
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:19
Last Modified: 24 Dec 2021 01:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35950

Actions (login required)

View Item View Item