Pengaruh Model Scientific Inquiry Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SD

Ernita, Sri (2018) Pengaruh Model Scientific Inquiry Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Siswa Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SRI_ERNITA_16124074_4093_2019.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

Latarbelakang penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya hasil belajar dipengaruhi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Model Scientific Inquiry dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah Menjelaskan perbedaan hasil belajar dan motivasi tematik terpadu siswa yang diajar menggunakan Scientific inquiry dengan siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDN 22 Andalas Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksprimental Design dengan rancangan Uji-t . Pada kelas eksperimen diterapkan Model Scientific Inquiry, di kelas kontrol diterapkan pendekatan konvensional. Dengan populasi siswa kelas IV SDN 22 Andalas Padang dan sampel kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Hipotesis ini diuji dengan menggunakan anava dua arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar tematik terpadu siswa yang diajar menggunakan model Scientific inquiry dengan menggunakan Pendekatan Konvensional pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 22 Andalas Padang pada α = 0,05 dengan nilai FHitung = 235,888, (2) terdapat perbedaan motivasi belajar tematik terpadu siswa yang diajar menggunakan model Scientific inquiry dengan motivasi belajar siswa yang diajar menggunakan model konvensional pada siswa kelas IV SDN 22 Andalas Padang. pada α = 0,05 dengan nilai FHitung = 1415,846.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:19
Last Modified: 24 Dec 2021 01:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35948

Actions (login required)

View Item View Item