Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas IV SD Negeri 10 Lambung Bukit Pauh Kota Padang

Purnama, Siska (2019) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education di Kelas IV SD Negeri 10 Lambung Bukit Pauh Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SISKA_PURNAMA_1303943_2753_2019.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Aktivitas dan hasil belajar menjumlahkan pecahan di kelas IV SDN 10 Lambung Bukit Kecamatan Pauh Kota Padang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil ulangan harian. Permasalahan tersebut di atasi dengan penggunaan pendekatan Realistic mathematics Education. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar menjunlahkan pecahan dengan penggunaan pendekatan Realistic mathematics Education. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 10 Lambung Bukit dengan jumlah siswa 21 orang. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi, wawancara, catatan lapangan, pengambilan video dan tes. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Hasil analisis data pada siklus pertama dan kedua menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar menjumlahkan pecahan menggunakan pendekatan Realistic mathematics Education dapat meningkat. Hal ini terlihat dari aktivitas motor, drawing, oral dan mental mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal yang sama juga terlihat pada hasil belajar siswa yaitu: (1) Hasil ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 68,5% menjadi 73% pada siklus II. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada pembelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:18
Last Modified: 24 Dec 2021 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35944

Actions (login required)

View Item View Item