Peningkatan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas VI SDN 21 Cupak Kabupaten Solok

Ariani, Santi (2019) Peningkatan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas VI SDN 21 Cupak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_SANTI_ARIANI_16124070_6629_2019.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru kurang memperhatikan keheterogenan siswa dalam pembentukan kelompok dan kurang mengecek pemahaman siswa saat penyampaian hasil diskusi. Akibatnya aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas VI SDN 21 Cupak Kabupaten Solok Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa Kelas VI SDN 21 Cupak Kabupaten Solok yang berjumlah 16 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswayang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I adalah 85,7 % (baik) meningkat menjadi 92,9% (sangat baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru siswa pada siklus I adalah 76,56% (baik) meningkat menjadi 92,19% (sangat baik) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek siswa siswa pada siklus I adalah 73,31% (cukup) meningkat menjadi 92,18% (sangat baik) pada siklus II. aktivitas belajar siswa pada siklus I 53,90 % meningkat menjadi 82,02 % pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 72,77 meningkat menjadi 81,99 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di Kelas VI SDN 21 Cupak Kabupaten Solok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:18
Last Modified: 24 Dec 2021 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35943

Actions (login required)

View Item View Item