Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Strategi Mind Map di Kelas III SDN 38 Batipuh Kabupaten Tanah Datar

Rosmita, Rosmita (2019) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Menggunakan Strategi Mind Map di Kelas III SDN 38 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ROSMITA_51338_2259_2019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahas a yffirg harus dikuasai oleh peserta didik Sekolah Dasar, dengan tujuan agar peserta didik dapat mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalamannya dalam bentuk tulisan yang disusun secara sistematis dan logis, sehingga dapat dipahami dan dimengerti orang lain yang membacanya. Bertolak dari kenyataan di lapangan, pembelajaran menulis puisi di Sekolah Dasar belum terlaksana secara optimal. Akibatnya peserta didik kurang tertarik pada pembelajaran menulis puisi yang merupakan salah satu wadah untuk mengungkapkan perasaannya terhadap suatu objek. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan strategi mind map di kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dilaksanakan dalam proses berdaur yang terdiri dari empat tahapan, planning, action, observationlevaluation, dan reflection. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 38 Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datag dengan subjek penelitian peserta didik kelas III. Keefektifan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan penilaian keterampilan menulis. Data hasil observasi dideskripsikan diinterpretasikan, kemudian direfleksikan untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sementara itu data hasil penilaian keterampilan menulis puisi dianalisis dengan cara mendeskripsikan penilaian keterampilan menulis puisi antar siklus. Kriteria keberhasilan pembelajaran mengacu pada hasil belajar berupa authentic assesment yang dicapai peserta didik pada setiap siklus. Kriteria keberhasilan adalah skor rata-rata yang dicapai peserta didik berada pada kualifikasi Baik (B) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi mind map dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik. Peningkatan keterampilan menulis puisi ini, disebabkan karena pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, melalui proses tahapan menulis yaitu, prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:18
Last Modified: 24 Dec 2021 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35942

Actions (login required)

View Item View Item