Pengembangan Bahan Ajar Berbasi Macromedia Flash 8 di Sekolah Dasar

Amalia, Ririn (2019) Pengembangan Bahan Ajar Berbasi Macromedia Flash 8 di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RIRIN_AMALIA_17124058_4080_2019.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan kemajuan zaman yang senantiasa berubah-ubah dari masa ke masa, kurikulum sebagai sarana pencapaian tujuan pendidikan dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tantangan zaman yang semakin kompleks. Perkembangan teknologi dalam pendidikan akan mempermudah manusia dalam menerima informasi. Dengan perkembangan teknologi saat ini terjadi transformasi dalam pendidikan pada bahan ajar konvesional menjadi bahan ajar digital baik secara konten isi maupun sistemnya. Dengan begitu semakin pesatnya kemajuan teknologi, peran dan tugas guru semakin berat, peran guru sebagai sumber belajar kini beralih menjadi pengelola sumber belajar yang dapat menarik minat peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan bahan ajar berbasis macromedia flash 8 yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yairu define (pendefenisian), desain (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Data penelitian diperoleh melalui uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Data validitas dan praktikalitas diperoleh dengan melalui lembar validasi serta angket respon guru dan peserta didik. Data efektivitas diperoleh melalui dari hasil belajar peserta didik. Hasil Penelitian memaparkan bahwa bahan ajar berbasis macromedia flash 8 yang dikembangan telah memenuhi kriteria valid. Hasil praktikalitas dari pengembangan bahan ajar berbasis macromedia flash 8 ini sudah praktis sehingga memudahkan guru dalam mengajar dan mudah digunakan oleh peserta didik. Sedangkan, Efektivitas bahan ajar berbasis macromedia flash 8 ini telah efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang memperoleh ketuntas 92,8 %. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis macromedia flash 8 yang telah dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:18
Last Modified: 24 Dec 2021 01:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35941

Actions (login required)

View Item View Item