Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pembagian Berbasis Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar

Yolanda, Rendy Novri (2019) Pengembangan Local Instructional Theory Topik Pembagian Berbasis Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RENDY_NOVRI_YOLANDA_17124112_2240_2019.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yang ditemui pada awal penelitian. Hasil studi literatur dan studi pendahuluan menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik pembagian masih rendah, hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang dilakukan secara mekanistik sehingga pembelajaran kurang bermakna dan cepat terlupakan. Oleh sebab itu, dirancang Local Instructional Theory (LIT) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah development research approach, dengan menggunakan Design research yang dikemukakan Gravemeijer & Cobb. Subjek uji coba berasal dari siswa kelas III SDN wilayah IV kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian didukung dengan teknik pengumpulan data berupa analisis dokumen, observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data dilakukan secara statistik deskriptif dan statistik parametrik. Hasil validasi menunjukkan LIT valid yang terlihat dari aspek isi, bahasa, didaktik, dan penyajian yang sesuai dengan prinsip dan karakteristik RME. Hasil uji coba juga menunjukan kategori sangat praktis yang terlihat dari segi kemudahan penggunaan, keterbacaan siswa dan ketersediaan waktu sehingga siswa dapat melakukan serangkaian aktivitas belajar LIT. Selain itu, LIT berdampak pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang efektif. Hal ini terlihat dari perbandingan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan LIT dengan tidak menggunakan LIT. Uji hipotesis menunjukan data kelas eksperimen lebih tinggi dari data kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:17
Last Modified: 24 Dec 2021 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35931

Actions (login required)

View Item View Item