Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Science Technology Society (STS) di Kelas V SD Negeri 02 Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok

Ferisna, Nila (2019) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Science Technology Society (STS) di Kelas V SD Negeri 02 Kacang Kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NILA_FERISNA_16124054_5847_2019.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 02 Kacang cenderung peran guru lebih dominan daripada peran serta keterlibatan siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa, peneliti memutuskan menerapkan Pendekatan Science Technology Society (STS) untuk membelajarkan materi daur air dan peristiwa alam siswa kelas V SD Negeri 02 Kacang karena dengan pendekatan STS, siswa dapat belajar sains dan teknologi dalam konteks pengalaman dan kehidupan manusia sehari-hari dengan bertitik tolak dari isu-isu atau masalah-masalah yang dihadapai oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari 2 pertemuan meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan tes kognitif pada akhir pertemuan tiap siklusnya. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil pengamatan aktivitas siswa dan pengamatan performansi guru. Perolehan nilai performansi guru melalui APKG 1 dan 2 mencapai 73,75% meningkat pada siklus II menjadi 86,25%. Nilai rata-rata kelas pada hasil tes formatif siklus I sebesar 37,5% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I mencapai 72,50% meningkat pada siklus II menjadi 85% dan memperoleh kriteria aktivitas belajar sangat tinggi. Disimpulkan penerapan pembelajaran STS dapat meningkatkan pembelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kacang. Disarankan guru kelas V sekolah dasar dapat menerapkan pembelajaran STS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas, dan hasil belajar siswa pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:17
Last Modified: 24 Dec 2021 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35930

Actions (login required)

View Item View Item