Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN 11 Air Kalam

Herawani, Nelli (2019) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN 11 Air Kalam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NELLI_HERAWANI_17124106_4026_2019.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terjadi karena guru mengajar hanya berpedoman ke buku guru dan buku siswa, belum melaksanakan pembelajaran tematik terpadu yang sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik, tidak menggunakan media pelajaran yang menarik, masih menjadi pusat perhatian selama proses pembelajaran, kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengkontruksi sendiri pengetahuannya. Peneliti perlu memecahkan masalah ini melalui penerapan metode mind mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 di kelas IV SDN 11 Air Kalam. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjeknya seluruh siswa kelas IV-A yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran terjadi peningkatan. Pada Siklus I aktivitas siswa memperoleh rata-rata 78,5% dengan kriteria baik dan aktivitas siswa meningkat pada siklus II rata-rata menjadi 86% dengan kriteria sangat baik. 2) Analisis hasil belajar siswa menunjukkan terjadinya peningkatan. Persentase ketuntasan belajar siswa, pada pra siklus siswa yang tuntas berjumlah 3 siswa atau 15% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 17 siswa atau 85%, pada siklus I mengalami peningkatan dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 80% dan siswa yang belum tuntas 4 siswa atau 20%. Dan dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai rata-rata ketuntasan 80% maka proses pembelajaran sudah dikategorikan tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat sebesar 65% dari pra siklus hingga siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:17
Last Modified: 24 Dec 2021 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35929

Actions (login required)

View Item View Item