Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic pada Pembelajaran Tematik di Kelas I MIN Bukittinggi

Azima, Nana Fauzana (2019) Pengembangan Buku Ajar Berbasis Model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic pada Pembelajaran Tematik di Kelas I MIN Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_NANA_FAUZANA_AZIMA_17124040_823_2019.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buku ajar yang digunakan guru belum terlalu memfasilitasi siswa secara maksimal dalam kegiatan Visual, Auditory, Reading, dan Kinesthetic sehingga daya tarik siswa dalam pembelajaran masih kurang, dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku ajar berbasis model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic (VARK) pada pembelajaran tematik di Kelas I SD/MI yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas I MIN Bukittinggi sebanyak 32 orang. Data penelitian adalah hasil penelitian dari buku ajar berbasis model Visual, Auditory, Reading, dan Kinesthetic. Penelitian menunjukkan hasil analisis data validasi buku ajar oleh para ahli dan praktisi pendidikan diperoleh rata-rata 88,15 kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dengan menggunakan angket guru dan siswa diperoleh rata-rata 89,28 dan 93,4 dengan kategori sangat praktis. Efektifitas buku ajar ini juga ditunjukkan oleh peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pembelajaran 1-6 dengan rata-rata 96,1 kategori sangat tinggi. Rata-rata kemampuan visual siswa 96,3, rata-rata kemampuan auditory siswa 97,2, rata-rata kemampuan reading siswa 94,4, dan rata-rata kemampuan kinesthetic siswa 96,6. Rata-rata kemampuan Visual, Auditory, Reading, dan Kinesthetic siswa berada pada kategori sangat tinggi. Hal di atas menunjukkan bahwa Buku ajar berbasis model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic (VARK) yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dikelas I SD/MI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:17
Last Modified: 24 Dec 2021 01:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35928

Actions (login required)

View Item View Item