Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Nyaring Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Model VAK di Kelas 1 Sekolah Dasar

Daimis, Mudariswati (2019) Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Nyaring Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Model VAK di Kelas 1 Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MUDARISWATI_DAIMIS_16124051_1140_2019.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran membaca nyaring kurang mencapai hasil yang maksimal baik dari segi minat maupun dari segi hasil proses pembelajaran yang diterapkan. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar tematik yang valid, praktis, dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: tahap analisis analyz, design, developmetn, implementatoni,evaluation.Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas, efektifitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validitas bahan ajar.Data kepraktisan diperoleh melalui dari analisis observasi pelaksanaan pembelajaran, angket respon guru. Keefektifan dilihat dari aktivitas siswa, penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan uji validitas diperoleh data bahwa persentase rata-rata bahan ajar dari validator adalah 79 % dengan kategori valid. Hasil uji praktikalitas dari terlaksananya RPP diperoleh 81 % dengan kategori sangat valid. Penilaian respon guru diperoleh 82 %. Efektivitas bahan ajar dilihat dari aktivitas siswa, diperoleh rata-rata persentase 83 % dengan kategori sangat aktif. Dari penilaian harian yang dilakukan terlihat hasil belajar siswa cendrung meningkat. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahan ajar keterampilan membaca nyaring dalam Pembelajaran Tematik dengan menggunakan model VAK di kelas 1 Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:11
Last Modified: 24 Dec 2021 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35922

Actions (login required)

View Item View Item