Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah dan Aturan Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMK Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan.

Pertiwi, Mellya Sandra (2019) Kontribusi Pengawasan Kepala Sekolah dan Aturan Sekolah terhadap Disiplin Kerja Guru SMK Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MELLYA_SANDRA_PERTIWI_15147007_71_2019.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti di SMK Negeri di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan yang menunjukkan masih kurang optimalnya disiplin kerja guru. Banyak faktor yang mempengaruhi disiplin kerja guru, diantara pengawasan kepala sekolah dan aturan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi pengawasan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri di Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, 2) kontribusi aturan sekolah terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri di Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, 3) kontribusi pengawasan kepala sekolah dan aturan sekolah terhadap disiplin kerja guru SMK Negeri di Kec. IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif non eksperimen dengan populasi berjumlah 224 orang guru. Sampel dengan menggunakan metode stratified proporsional random sampling, berjumlah 45 orang guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menemui subjek penelitian. Teknik Analisis Data diolah dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi bantuan program SPSS versi 20. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pengawasan kepala sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap disiplin kerja guru sebesar 16,8%, 2) Aturan sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap disiplin kerja guru sebesar 20,5%, 3) Pengawasan kepala sekolah dan aturan sekolah memberikan kontribusi signifikan terhadap disiplin kerja guru sebesar 29,3%. Hal ini menjelaskan bahwa untuk meningkatkan disiplin kerja guru dengan baik perlu ditingkat dahulu pengawasan kepala sekolah dan aturan sekolah sehingga terciptanya disiplin kerja yang baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengawasan, Aturan, Disiplin Kerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:10
Last Modified: 24 Dec 2021 01:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35920

Actions (login required)

View Item View Item