Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar

Haniffah DP, Mella (2019) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Pemahaman Sebagai Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Strategi The Big Question di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_MELLA_HANIFFAH_16124047_856_2019.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan ajar yang kurang dapat menarik minat peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu dan peserta didik kurang diarahkan untuk memahami bacaan sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar membaca pemahaman dan menghasilkan bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question di kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model Plomp (Preliminary Research, Prototyping Phase, and Assesment Stage). Prototype yang telah didesain, dilanjutkan dengan self evaluation oleh peneliti dan dilanjutkan dengan expert review evaluation oleh 3 orang ahli. Prototype diujicoba dengan metode one to one dan Small Group pada peserta didik SDN 32 VII Koto Sungai Sariak. Prototype yang dievaluasi dilajutkan dengan ujicoba dengan metode field test I di kelas VA SDN 11 VII Koto Sungai Sariak untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar yang dikembangkan dilakukan ujicoba dengan metode field test II di kelas VB SDN 11 VII Koto Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Berdasakan hasil penelitian pengembangan yang dilakukan, diperoleh tingkat validitas bahan ajar masuk pada kategori sangat valid. Berdasarkan ujicoba dengan metode one to one, small group, dan field test I diketahui bahwa tingkat praktikalitas berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan RPP, respon peserta didik dan guru. Selanjutya, dari hasil aktivitas peserta didik, perolehan nilai sikap, pengetahuan, keterampilan, dan bahan ajar yang dikembangkan dapat dikatakan sudah efektif dalam penggunaannya ketika proses pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar membaca pemahaman sebagai upaya meningkatkan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question di kelas V SD telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Diharapkan bahan ajar membaca pemahaman pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan strategi The Big Question pada materi lain mendapatkan hasil yang lebih sempurna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Dec 2021 01:09
Last Modified: 24 Dec 2021 01:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/35919

Actions (login required)

View Item View Item